PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai masalah yang diteliti yaitu tentang pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial korporat terhadap koefisien respon laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUNDARI , SUNDARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12024/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995500154290176
author SUNDARI , SUNDARI
author_facet SUNDARI , SUNDARI
author_sort SUNDARI , SUNDARI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai masalah yang diteliti yaitu tentang pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial korporat terhadap koefisien respon laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Secara individual (uji t) bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial korporat pada model I mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap koefisien respon laba. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi CSR sebesar 0,005 dibawah 0,05, artinya jika pengungkapan tanggung jawab sosial korporat semakin tinggi maka semakin tinggi pula koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Pengungkapan tanggung jawab sosial korporat pada model II mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi CSR sebesar 0,004 dibawah 0,05, artinya jika pengungkapan tanggung jawab sosial semakin tinggi maka semakin tinggi pula koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Pertumbuhan perusahaan yang diproxy dengan PBV tidak mempunyai pengaruh terhadap koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi PBV sebesar 0,491 diatas 0,05, artinya jika PBV semakin tinggi maka koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR akan turun. Leverage tidak mepunyai pengaruh terhadap koefisien respon laba yang diproy dengan CAR. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi Leverage sebesar 0,755 diatas 0,05, artinya jika leverage semakin tinggi maka koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR akan turun. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) untuk model I sebesar 0,098. Hal ini berarti 9,8% variasi perubahan koefisien respon Laba dijelaskan oleh pengungkapan tanggung jawab sosial korporat. Sementara sisanya sebesar 90,2% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) untuk model II sebesar 0,104. Hal ini berarti 10,4% variasi perubahan koefisien respon laba dijelaskan pengungkapan tanggung jawab sosial korporat, PBV, Leverage. Sementara sisanya sebesar 80,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12024
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12024 https://eprints.ums.ac.id/12024/ PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA SUNDARI , SUNDARI HG Finance Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai masalah yang diteliti yaitu tentang pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial korporat terhadap koefisien respon laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Secara individual (uji t) bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial korporat pada model I mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap koefisien respon laba. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi CSR sebesar 0,005 dibawah 0,05, artinya jika pengungkapan tanggung jawab sosial korporat semakin tinggi maka semakin tinggi pula koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Pengungkapan tanggung jawab sosial korporat pada model II mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi CSR sebesar 0,004 dibawah 0,05, artinya jika pengungkapan tanggung jawab sosial semakin tinggi maka semakin tinggi pula koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Pertumbuhan perusahaan yang diproxy dengan PBV tidak mempunyai pengaruh terhadap koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi PBV sebesar 0,491 diatas 0,05, artinya jika PBV semakin tinggi maka koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR akan turun. Leverage tidak mepunyai pengaruh terhadap koefisien respon laba yang diproy dengan CAR. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi Leverage sebesar 0,755 diatas 0,05, artinya jika leverage semakin tinggi maka koefisien respon laba yang diproxy dengan CAR akan turun. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) untuk model I sebesar 0,098. Hal ini berarti 9,8% variasi perubahan koefisien respon Laba dijelaskan oleh pengungkapan tanggung jawab sosial korporat. Sementara sisanya sebesar 90,2% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) untuk model II sebesar 0,104. Hal ini berarti 10,4% variasi perubahan koefisien respon laba dijelaskan pengungkapan tanggung jawab sosial korporat, PBV, Leverage. Sementara sisanya sebesar 80,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/1/Halaman_Awal.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/5/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/7/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/13/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12024/18/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf SUNDARI , SUNDARI (2011) PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200070040
spellingShingle HG Finance
SUNDARI , SUNDARI
PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
title PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_full PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_fullStr PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_full_unstemmed PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_short PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_sort pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial korporat terhadap koefisien respon laba pada perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/12024/
work_keys_str_mv AT sundarisundari pengaruhpengungkapantanggungjawabsosialkorporatterhadapkoefisienresponlabapadaperusahaanmanufakturdibursaefekindonesia