APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran problem posing pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. P...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYORINI , ANI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12020/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995499066916864
author SETYORINI , ANI
author_facet SETYORINI , ANI
author_sort SETYORINI , ANI
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran problem posing pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta kelas X semester II tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XF dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciriciri siswa kurang berminat belajar, siswa pasif dalam belajar, hasil belajar siswa rendah. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kuantitatif, karena menggunakan uji statistik yaitu regresi linier dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,00 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,92, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,97 dan siklus III meningkat menjadi 7,82. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan problem posing pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar point atau 68,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan problem posing meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XF SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,6818 point atau 68,18%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12020
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12020 https://eprints.ums.ac.id/12020/ APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 SETYORINI , ANI LB2300 Higher Education Dalam melakukan proses pembelajaran dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran problem posing pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta kelas X semester II tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XF dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciriciri siswa kurang berminat belajar, siswa pasif dalam belajar, hasil belajar siswa rendah. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kuantitatif, karena menggunakan uji statistik yaitu regresi linier dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,00 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,92, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,97 dan siklus III meningkat menjadi 7,82. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan problem posing pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar point atau 68,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan problem posing meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XF SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,6818 point atau 68,18%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12020/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12020/2/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12020/4/Lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12020/6/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12020/8/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12020/10/Bab_4_dan_5.pdf SETYORINI , ANI (2007) APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420030171
spellingShingle LB2300 Higher Education
SETYORINI , ANI
APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort aplikasi metode pembelajaran problem posing dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x sma muhammadiyah 2 surakarta tahun ajaran 2006 2007
topic LB2300 Higher Education
url https://eprints.ums.ac.id/12020/
work_keys_str_mv AT setyoriniani aplikasimetodepembelajaranproblemposingdalammeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasxsmamuhammadiyah2surakartatahunajaran20062007