APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran problem posing pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. P...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/12020/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Dalam melakukan proses pembelajaran dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran
problem posing pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2
Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
SMA Muhammadiyah 2 Surakarta kelas X semester II tahun ajaran 2006/2007
yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF. Sampel
yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XF dengan teknik pengambilan
sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciriciri
siswa kurang berminat belajar, siswa pasif dalam belajar, hasil belajar
siswa rendah. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes,
observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan
dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif
kuantitatif, karena menggunakan uji statistik yaitu regresi linier dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. .Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,00 dan
rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,92, rata-rata siklus II meningkat
menjadi 6,97 dan siklus III meningkat menjadi 7,82. Berdasarkan perhitungan
regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan problem posing pada
pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa
sebesar point atau 68,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan problem posing meningkatkan hasil belajar
Biologi siswa kelas XF SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran
2006/2007 sebesar 0,6818 point atau 68,18%.
|
---|