PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan likuiditas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur. Populasi...
Zapisane w:
1. autor: | |
---|---|
Format: | Praca dyplomowa |
Język: | English English English English English English English English |
Wydane: |
2011
|
Hasła przedmiotowe: | |
Dostęp online: | https://eprints.ums.ac.id/12015/ |
Etykiety: |
Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
|
Streszczenie: | Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh karakteristik
perusahaan yang diproksi dalam ukuran perusahaan (size), profitabilitas,
leverage, ukuran dewan komisaris dan likuiditas terhadap pengungkapan
tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan
manufaktur.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur
yang terdaftar (Go Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti yang
tercantum dalam Indonesian Capital Market Directory (2009). Perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) digunakan sebagai
populasi, karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk
menyampaikan laporan tahunan kepada pihak luar perusahaan. Di ICMD
(Indonesian Capital Market Directory) tersebut diketahui bahwa jumlah
perusahaan manufaktur yang tercatat (go public) di BEI adalah 149
perusahaan pada tahun 2009 yang terbagi dalam 19 kategori perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sesuai dengan kriteria. Metode analisa
data menggunakan analisis regresi linear berganda, menggunakan program
SPSS 15.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh
yang signifikan antara ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran
dewan komisaris dan likuiditas terhadap pengungkapan tanggung jawab
sosial pada perusahaan manufaktur. Pengaruh adjusted R2
sebesar 28,8%
sedangkan sisanya sebesar 71,2% di pengaruhi faktor-faktor lain diluar
variabel. Hasil uji F menunjukan nilai F hitung (7,227) diterima pada taraf
signifikan 5%. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan Secara parsial
profitabilitas dan ukuran dewan komisaris berpengaruh secara signifikan
pada taraf signifikan 5%, sedangkan ukuran perusahaan, leverage dan
likuiditas tidak berpengaruh signifikan. |
---|