UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)

Metode Story Book Reading meningkatkan kemampuan membaca dan mendorong tumbuhnya kesiapan baca pada anak. Keberhasilan anak di sekolah, tidak bisa disangkal lagi telah banyak ditentukan oleh kemampuan membaca. Penelitian ini merupakan penelitaan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pening...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL
Formato: Thesis
Idioma:English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/11957/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
_version_ 1804995481854541824
author KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL
author_facet KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL
author_sort KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL
collection ePrints
description Metode Story Book Reading meningkatkan kemampuan membaca dan mendorong tumbuhnya kesiapan baca pada anak. Keberhasilan anak di sekolah, tidak bisa disangkal lagi telah banyak ditentukan oleh kemampuan membaca. Penelitian ini merupakan penelitaan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita story book reading. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil peneliltian ditemukan bahwa: (1) Pembelajaran membaca dengan meman-faatkan media buku cerita dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak. Hal ini terbukti dengan adamya peningkatan prodentase kemampuan membaca kata dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 20%, siklus I mencapai 68,3 %, siklus II mencapai 86,67% dan siklus III mencapai 93,3%, oleh karena itu media buku cerita merupakan media yang efektif untuk pembelajaran membaca pada anak. (2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian tes dan permainan membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bercerita story book reading dapat meningkat kemampuan membaca pada anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11957
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11957 https://eprints.ums.ac.id/11957/ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO) KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL L Education (General) Metode Story Book Reading meningkatkan kemampuan membaca dan mendorong tumbuhnya kesiapan baca pada anak. Keberhasilan anak di sekolah, tidak bisa disangkal lagi telah banyak ditentukan oleh kemampuan membaca. Penelitian ini merupakan penelitaan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita story book reading. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil peneliltian ditemukan bahwa: (1) Pembelajaran membaca dengan meman-faatkan media buku cerita dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak. Hal ini terbukti dengan adamya peningkatan prodentase kemampuan membaca kata dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 20%, siklus I mencapai 68,3 %, siklus II mencapai 86,67% dan siklus III mencapai 93,3%, oleh karena itu media buku cerita merupakan media yang efektif untuk pembelajaran membaca pada anak. (2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian tes dan permainan membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bercerita story book reading dapat meningkat kemampuan membaca pada anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11957/1/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11957/2/Skripsi_Mutiara.pdf KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085120
spellingShingle L Education (General)
KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)
title_full UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)
title_short UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)
title_sort upaya peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita story book reading penelitian tindakan kelas di ba aisyiyah waru 03 baki sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11957/
work_keys_str_mv AT khotimahmutiarakhusnul upayapeningkatankemampuanmembacamelaluimetodeberceritastorybookreadingpenelitiantindakankelasdibaaisyiyahwaru03bakisukoharjo