IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK

Pengembangan kreativitas anak merupakan pangkal utama untuk mempersiapkan kehidupan anak yang meliputi penyesuaian dan kefleksibelan cara berpikir anak, oleh karena itu pembelajaran harus di kemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUWARNI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11955/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995481317670912
author SUWARNI , SRI
author_facet SUWARNI , SRI
author_sort SUWARNI , SRI
collection ePrints
description Pengembangan kreativitas anak merupakan pangkal utama untuk mempersiapkan kehidupan anak yang meliputi penyesuaian dan kefleksibelan cara berpikir anak, oleh karena itu pembelajaran harus di kemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang dapat mengembangkan kreativitas anak adalah pendekatan BCCT khususnya di Sentra BAC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan model BCCT dalam mengembangkan kreativitas anak pada KBIT Mutiara Insan Joho Sukoharjo Th 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif . Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok KB2 dan pendidik yang melaksanakan pembelajaran BCCT di sentra BAC. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terhadap pelaksanaan BCCT dan kreativitas anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data komparatif yaitu membandingkan hasil observasi dengan kriteria yang ditentukan. Berdasar hasil analisis data diketahui bahwa anak-anak di kelompok KB2 masuk kategori kreatif karena sebagian besar bahkan semua anak dapat mencapai indikator yang telah ditetapkan. Pelaksanaan BCCT di Sentra BAC masuk dalam kategori cukup karena pendidik kurang memperhatikan intensitas dan densitas dalam melaksanakan kegiatan BCCT sehingga masih ada pijakan yang tidak terlaksana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan BCCT di Sentra BAC dapat mengembangkan kreativitas anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11955
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11955 https://eprints.ums.ac.id/11955/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK SUWARNI , SRI L Education (General) Pengembangan kreativitas anak merupakan pangkal utama untuk mempersiapkan kehidupan anak yang meliputi penyesuaian dan kefleksibelan cara berpikir anak, oleh karena itu pembelajaran harus di kemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang dapat mengembangkan kreativitas anak adalah pendekatan BCCT khususnya di Sentra BAC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan model BCCT dalam mengembangkan kreativitas anak pada KBIT Mutiara Insan Joho Sukoharjo Th 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif . Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok KB2 dan pendidik yang melaksanakan pembelajaran BCCT di sentra BAC. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terhadap pelaksanaan BCCT dan kreativitas anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data komparatif yaitu membandingkan hasil observasi dengan kriteria yang ditentukan. Berdasar hasil analisis data diketahui bahwa anak-anak di kelompok KB2 masuk kategori kreatif karena sebagian besar bahkan semua anak dapat mencapai indikator yang telah ditetapkan. Pelaksanaan BCCT di Sentra BAC masuk dalam kategori cukup karena pendidik kurang memperhatikan intensitas dan densitas dalam melaksanakan kegiatan BCCT sehingga masih ada pijakan yang tidak terlaksana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan BCCT di Sentra BAC dapat mengembangkan kreativitas anak. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11955/1/File_2_%3D_Skripsi_Sri_Suwarni_A_520_085_112.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11955/2/File_1_%3D_Skripsi_Sri_Suwarni_A_520_085_112.pdf SUWARNI , SRI (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085112
spellingShingle L Education (General)
SUWARNI , SRI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK
title_sort implementasi pembelajaran model bcct beyond center and circles time dalam pengembangan kreativitas anak
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11955/
work_keys_str_mv AT suwarnisri implementasipembelajaranmodelbcctbeyondcenterandcirclestimedalampengembangankreativitasanak