IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokum...
Saved in:
Hovedforfatter: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Sprog: | English English English English English English English English |
Udgivet: |
2010
|
Fag: | |
Online adgang: | https://eprints.ums.ac.id/11948/ |
Tags: |
Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
|
_version_ | 1804995479700766720 |
---|---|
author | MURTANTI , MURTANTI |
author_facet | MURTANTI , MURTANTI |
author_sort | MURTANTI , MURTANTI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu
gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran
2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan
kartu gambar
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan
teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif
kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat
Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami
peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari
hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan
kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan
membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar
mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I
sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan
kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan
kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar
mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus
II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian
kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar
mengalami peningkatan sebesar 15%.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11948 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11948 https://eprints.ums.ac.id/11948/ IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 MURTANTI , MURTANTI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan sebesar 15%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/14/Lampiran-Lampiran.pdf MURTANTI , MURTANTI (2010) IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085058 |
spellingShingle | L Education (General) MURTANTI , MURTANTI IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 |
title | IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 |
title_full | IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 |
title_fullStr | IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 |
title_short | IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 |
title_sort | implementasi permainan kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak tk di tk arafat semanggi surakarta tahun 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11948/ |
work_keys_str_mv | AT murtantimurtanti implementasipermainankartugambaruntukmeningkatkankemampuanmembacaanaktkditkarafatsemanggisurakartatahun20102011 |