IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokum...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURTANTI , MURTANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11948/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995479700766720
author MURTANTI , MURTANTI
author_facet MURTANTI , MURTANTI
author_sort MURTANTI , MURTANTI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan sebesar 15%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11948
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11948 https://eprints.ums.ac.id/11948/ IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011 MURTANTI , MURTANTI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan sebesar 15%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11948/14/Lampiran-Lampiran.pdf MURTANTI , MURTANTI (2010) IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085058
spellingShingle L Education (General)
MURTANTI , MURTANTI
IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
title IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
title_full IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
title_fullStr IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
title_short IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
title_sort implementasi permainan kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak tk di tk arafat semanggi surakarta tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11948/
work_keys_str_mv AT murtantimurtanti implementasipermainankartugambaruntukmeningkatkankemampuanmembacaanaktkditkarafatsemanggisurakartatahun20102011