IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokum...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: MURTANTI , MURTANTI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11948/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar mengalami peningkatan sebesar 15%.