IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK DI TK ARAFAT SEMANGGI SURAKARTA TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan kartu gambar Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokum...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2010
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/11948/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui implementasi permainan kartu
gambar di TK Arafat Semanggi Surakarta Semester I Tahun Ajaran
2010/2011.2)Mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan permainan
kartu gambar
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan
teknik trianggulasi data.Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif
kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan membaca anak TK Arafat
Semanggi yang diajarkan membaca dengan permainan kartu gambar mengalami
peningkatan kemampuan. Meningkatnya kemampuan membaca dapat dilihat dari
hasil penilaian setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan. 2) Permainan
kartu gambar yang telah diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan
membaca anak yakni kemampuan menghubungkan tulisan dengan gambar
mengalami peningkatan dari pra Siklus 45% kemudian meningkat pada siklus I
sebesar 55% dan siklus II meningkat menjadi 70% yang dapat disimpulkan
kemampuan menghubungkan tulisan meningkat sebesar 25%. Sedangkan
kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar
mengalami peningkatan dari pra Siklus yaitu sebesar 55% meningkat pada Siklus
II menjadi 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%, dengan demikian
kemampuan menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan gambar
mengalami peningkatan sebesar 15%.
|
---|