UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di TK Mojorejo 1 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi, review, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik tr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAFITRI , ERMA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11947/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995479426039808
author SAFITRI , ERMA
author_facet SAFITRI , ERMA
author_sort SAFITRI , ERMA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di TK Mojorejo 1 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi, review, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Pembelajaran di TK melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase ketrampilan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan ketrampilan berbahasa anak sebesar 13.33% atau 4 anak, peningkatan tindakan ketrampilan berbahasa siklus I mencapai 46.67 % atau 14 anak dan tindakan ketrampilan berbahasa pada siklus II mencapai 80.00 % atau 24 anak; 2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam tindakan ketrampilan berbahasa melalui pemanfaatan beberapa tema bernyanyi, misalnya dengan tema ”Satu-satu”, ”Kebunku”, dan ”Kucingku”. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian waktu untuk mengeksplor kemampuan diri dan pemberian rewads very good membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran serta memotivasi anak untuk aktif dalam proses pembelajaran
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11947
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11947 https://eprints.ums.ac.id/11947/ UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN SAFITRI , ERMA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di TK Mojorejo 1 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi, review, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Pembelajaran di TK melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase ketrampilan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan ketrampilan berbahasa anak sebesar 13.33% atau 4 anak, peningkatan tindakan ketrampilan berbahasa siklus I mencapai 46.67 % atau 14 anak dan tindakan ketrampilan berbahasa pada siklus II mencapai 80.00 % atau 24 anak; 2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam tindakan ketrampilan berbahasa melalui pemanfaatan beberapa tema bernyanyi, misalnya dengan tema ”Satu-satu”, ”Kebunku”, dan ”Kucingku”. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian waktu untuk mengeksplor kemampuan diri dan pemberian rewads very good membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran serta memotivasi anak untuk aktif dalam proses pembelajaran 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11947/1/JUDUL_BAB_I-ERMA_SAVITRI-PAUD-UMS.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11947/2/ALL-ERMA_SAVITRI-PAUD-UMS.pdf SAFITRI , ERMA (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520 085 052
spellingShingle L Education (General)
SAFITRI , ERMA
UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN
title UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN
title_full UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN
title_short UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN
title_sort upaya meningkatkan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di tk mojorejo 1 sragen
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11947/
work_keys_str_mv AT safitrierma upayameningkatkanketrampilanberbahasaanakmelaluimetodebernyanyiditkmojorejo1sragen