UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO

Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah ingin mengetahui peningkatan kecerdasan visual spasial pada anak melalui permainan balok di TK RA Guppi Mandan Sukoharjo. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11946/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995479134535680
author SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
author_facet SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
author_sort SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
collection ePrints
description Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah ingin mengetahui peningkatan kecerdasan visual spasial pada anak melalui permainan balok di TK RA Guppi Mandan Sukoharjo. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak melalui permainan balok di TK RA Guppi Mandan Sukoharjo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas bersifat partisipatif dan kolaboratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik TK RA GUPPI Mandan Sukoharjo yang berjumlah 20 anak. Sampel yang diambil adalah sebesar 100 % atau 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu post tes, teknik monitoring, teknik angket dan teknik wawancara. Uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penelitian dilakukan dengan cara practical validity dan practical reliability. Analisis data diwakili oleh moment refleksi. Dalam analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) reduksi data, (2) Tampilan (display data), dan (3) penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas mengenai permainan balok dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak pada anak TK RA GUPPI Mandan Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Hal tersebut diketahui dari hasil analisis ketuntasan permainan balok anak secara klasikal, terlihat pada siklus I sebesar 32,50%, pada siklus II sebesar 62,50% dan pada siklus III terjadi pengembangan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11946
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11946 https://eprints.ums.ac.id/11946/ UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO SULISTYOWATI , SULISTYOWATI L Education (General) Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah ingin mengetahui peningkatan kecerdasan visual spasial pada anak melalui permainan balok di TK RA Guppi Mandan Sukoharjo. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak melalui permainan balok di TK RA Guppi Mandan Sukoharjo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas bersifat partisipatif dan kolaboratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik TK RA GUPPI Mandan Sukoharjo yang berjumlah 20 anak. Sampel yang diambil adalah sebesar 100 % atau 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu post tes, teknik monitoring, teknik angket dan teknik wawancara. Uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penelitian dilakukan dengan cara practical validity dan practical reliability. Analisis data diwakili oleh moment refleksi. Dalam analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) reduksi data, (2) Tampilan (display data), dan (3) penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas mengenai permainan balok dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak pada anak TK RA GUPPI Mandan Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Hal tersebut diketahui dari hasil analisis ketuntasan permainan balok anak secara klasikal, terlihat pada siklus I sebesar 32,50%, pada siklus II sebesar 62,50% dan pada siklus III terjadi pengembangan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11946/1/COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11946/2/SKRIPSI.pdf SULISTYOWATI , SULISTYOWATI (2011) UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085048
spellingShingle L Education (General)
SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO
title UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO
title_full UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO
title_fullStr UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO
title_full_unstemmed UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO
title_short UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK RA GUPPI MANDAN SUKOHARJO
title_sort upaya pengembangan kecerdasan visual spasial anak melalui permainan balok di tk ra guppi mandan sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11946/
work_keys_str_mv AT sulistyowatisulistyowati upayapengembangankecerdasanvisualspasialanakmelaluipermainanbalokditkraguppimandansukoharjo