PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI NYANYIAN SONGS) DI TK AISYIYAH BALUWARTI PASARKLIWON SURAKARTA

Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui proses pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Aisyiyah Baluwarti. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Inggris di TK Aisyiyah Baluwarti. (3) Mendiskripsikan kesesuaian antara proses penge...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: ASRINI , SRI
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2011
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/11944/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui proses pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Aisyiyah Baluwarti. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Inggris di TK Aisyiyah Baluwarti. (3) Mendiskripsikan kesesuaian antara proses pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui lagu di TK Aisyiyah Baluwarti dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat tiga proses pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui nyanyian (songs) di TK Aisyiyah Baluwarti yaitu dengan metode demonstrasi, praktek langsung, dan penugasan, 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengenalan bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui lagu (songs) meliputi penguasaan pengetahuan guru tentang pengajaran bahasa Inggris, sarana-prasarana, yaitu ruang kelas yang terlalu berdekatan, materi pembelajaran, dan siswa yang masih berusia 4-5 tahun, anak kurang berkonsentrasi, 3) Kesesuaian antara proses pengenalan kosakata bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui lagu di TK Aisyiyah Baluwarti dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini, kesesuaian ini dapat ditunjukkan dengan penggunaan communication principle, task principle, meaningfullness principle.