PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI NYANYIAN SONGS) DI TK AISYIYAH BALUWARTI PASARKLIWON SURAKARTA

Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui proses pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Aisyiyah Baluwarti. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Inggris di TK Aisyiyah Baluwarti. (3) Mendiskripsikan kesesuaian antara proses penge...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: ASRINI , SRI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11944/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui proses pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Aisyiyah Baluwarti. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Inggris di TK Aisyiyah Baluwarti. (3) Mendiskripsikan kesesuaian antara proses pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui lagu di TK Aisyiyah Baluwarti dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat tiga proses pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui nyanyian (songs) di TK Aisyiyah Baluwarti yaitu dengan metode demonstrasi, praktek langsung, dan penugasan, 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengenalan bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui lagu (songs) meliputi penguasaan pengetahuan guru tentang pengajaran bahasa Inggris, sarana-prasarana, yaitu ruang kelas yang terlalu berdekatan, materi pembelajaran, dan siswa yang masih berusia 4-5 tahun, anak kurang berkonsentrasi, 3) Kesesuaian antara proses pengenalan kosakata bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui lagu di TK Aisyiyah Baluwarti dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini, kesesuaian ini dapat ditunjukkan dengan penggunaan communication principle, task principle, meaningfullness principle.