PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH V GEMOLONG (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di TK Aisyiyah V Gemolong)

Tri Ariyanti Setyorini (A520085040), Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Didik Kelompok B Di TK Aisyiyah V Gemolong, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010, 83 halaman. Penelitian ini bertuj...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SETYORINI, TRI ARIYANTI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11943/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tri Ariyanti Setyorini (A520085040), Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Didik Kelompok B Di TK Aisyiyah V Gemolong, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010, 83 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas/daya cipta anak melalui permainan konstruktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak adalah menggunakan metode pemberian tugas dengan permainan konstruktif menggunakan media balok. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah V Gemolong tahun ajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas/daya cipta anak melalui permainan konstruktif berupa balok yakni sebelum tindakan 50%, siklus I mencapai 59,2%, siklus II mencapai 72,7% dan siklus III 90,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan konstruktif berupa balok sangat tepat dan dapat meningkatkan kreativitas