HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak di sekolah, 2). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak dirumah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak didik TK. A RA/BA Kecamatan Grogol. Sampel yang diambil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WINARSIH , WINARSIH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11942/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995478048210944
author WINARSIH , WINARSIH
author_facet WINARSIH , WINARSIH
author_sort WINARSIH , WINARSIH
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak di sekolah, 2). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak dirumah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak didik TK. A RA/BA Kecamatan Grogol. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20 anak. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi product dengan alat Bantu program SPSS versi 16.0 yang sebelumnya diuji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian pada menunjukkan bahwa : 1). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar disekolah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,525 (Positif), dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,18.2). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar dirumah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,685 (Positif) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pola asuh anak permisif dengan kemandirian belajar anak yang artinya semakin tinggi penerapan pola asuh diberikan maka semakin tinggi kemandirian belajar anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11942
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11942 https://eprints.ums.ac.id/11942/ HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 WINARSIH , WINARSIH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak di sekolah, 2). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak dirumah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak didik TK. A RA/BA Kecamatan Grogol. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20 anak. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi product dengan alat Bantu program SPSS versi 16.0 yang sebelumnya diuji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian pada menunjukkan bahwa : 1). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar disekolah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,525 (Positif), dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,18.2). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar dirumah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,685 (Positif) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pola asuh anak permisif dengan kemandirian belajar anak yang artinya semakin tinggi penerapan pola asuh diberikan maka semakin tinggi kemandirian belajar anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11942/1/File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11942/3/File_1._Skripsi_Winarsih.pdf WINARSIH , WINARSIH (2010) HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085038
spellingShingle L Education (General)
WINARSIH , WINARSIH
HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_fullStr HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full_unstemmed HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_short HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_sort hubungan pola asuh terhadap kemandirian belajar anak di ra ba kecamatan grogol kabupaten sukoharjo tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11942/
work_keys_str_mv AT winarsihwinarsih hubunganpolaasuhterhadapkemandirianbelajaranakdirabakecamatangrogolkabupatensukoharjotahunajaran20102011