PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010 di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengklasifikasikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARDIYAH , MARDIYAH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995477779775488
author MARDIYAH , MARDIYAH
author_facet MARDIYAH , MARDIYAH
author_sort MARDIYAH , MARDIYAH
collection ePrints
description Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010 di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengklasifikasikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010, 3)Mendiskripsikan kesesuaian antara proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun pelajaran 2009/2010 dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan triangulasi data. Tehnik analisa data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Jenis Penelitian diskriptif evaluatif yang dilakukan dengan tehnik alur, terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Terdapat dua proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan antara lain: Praktik langsung dan Permainan (Game), 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu meliputi : Guru yang mengajarkan bukan berlatar belakang dari Pendidikan Bahasa Inggris, Anak kurang konsentrasi, Media Pembelajaran yang masih minim serta sarana prasarana kurang memadai, 3)Kesesuaian Implikasi pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini. Adapun implementasinya dapat ditunjukkan dengan penggunaan Comunication principle, Task principle, Meaning fullness principle, Kemampuan untuk memahami arti dasar bahasa asli sebelum mampu mengekspresikan diri, Penggunaan permainan dan gerakan serta Tak langsung belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11941
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11941 https://eprints.ums.ac.id/11941/ PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN MARDIYAH , MARDIYAH L Education (General) Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010 di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengklasifikasikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010, 3)Mendiskripsikan kesesuaian antara proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun pelajaran 2009/2010 dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan triangulasi data. Tehnik analisa data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Jenis Penelitian diskriptif evaluatif yang dilakukan dengan tehnik alur, terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Terdapat dua proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan antara lain: Praktik langsung dan Permainan (Game), 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu meliputi : Guru yang mengajarkan bukan berlatar belakang dari Pendidikan Bahasa Inggris, Anak kurang konsentrasi, Media Pembelajaran yang masih minim serta sarana prasarana kurang memadai, 3)Kesesuaian Implikasi pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini. Adapun implementasinya dapat ditunjukkan dengan penggunaan Comunication principle, Task principle, Meaning fullness principle, Kemampuan untuk memahami arti dasar bahasa asli sebelum mampu mengekspresikan diri, Penggunaan permainan dan gerakan serta Tak langsung belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11941/1/COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11941/2/SKRIPSI.pdf MARDIYAH , MARDIYAH (2011) PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520085037
spellingShingle L Education (General)
MARDIYAH , MARDIYAH
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN
title PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN
title_full PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN
title_fullStr PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN
title_full_unstemmed PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN
title_short PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN
title_sort pembelajaran bahasa inggris pada anak usia dini melalui gerak dan lagu di ba aisyiyah gentan
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11941/
work_keys_str_mv AT mardiyahmardiyah pembelajaranbahasainggrispadaanakusiadinimelaluigerakdanlagudibaaisyiyahgentan