PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAK DAN LAGU DI BA AISYIYAH GENTAN

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010 di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengklasifikasikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARDIYAH , MARDIYAH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010 di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengklasifikasikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun ajaran 2009/2010, 3)Mendiskripsikan kesesuaian antara proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan kelompok A tahun pelajaran 2009/2010 dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan triangulasi data. Tehnik analisa data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Jenis Penelitian diskriptif evaluatif yang dilakukan dengan tehnik alur, terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Terdapat dua proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan antara lain: Praktik langsung dan Permainan (Game), 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu meliputi : Guru yang mengajarkan bukan berlatar belakang dari Pendidikan Bahasa Inggris, Anak kurang konsentrasi, Media Pembelajaran yang masih minim serta sarana prasarana kurang memadai, 3)Kesesuaian Implikasi pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui gerak dan lagu di BA Aisyiyah Gentan dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris Anak Usia Dini. Adapun implementasinya dapat ditunjukkan dengan penggunaan Comunication principle, Task principle, Meaning fullness principle, Kemampuan untuk memahami arti dasar bahasa asli sebelum mampu mengekspresikan diri, Penggunaan permainan dan gerakan serta Tak langsung belajar.