PENGENALAN NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK- KANAK MELALUI METODE BERMAIN (STUDI KASUS DI TK PERTIWI PANDEYAN IV )

pengenalan nilai agama Islam melalui metode bermain di TK Pertiwi Pandeyan IV kelompok B tahun ajaran 2009-2010 di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, 2) Mendiskripsikan kesesuaian implementasi pengenalan nilai agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV kecamatan Jatinom sudah sesuai dengan prinsip-prin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Astuti , Ernawati Puji
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11938/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:pengenalan nilai agama Islam melalui metode bermain di TK Pertiwi Pandeyan IV kelompok B tahun ajaran 2009-2010 di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, 2) Mendiskripsikan kesesuaian implementasi pengenalan nilai agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV kecamatan Jatinom sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran pengenalan agama Islam, 3) Mengidentifikasikan faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengenalan nilai agama Islam melalui metode bermain di TK Pertiwi Pandeyan IV kelompok B tahun ajaran 2009-2010 di kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data. Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat berbagai macam prosedur permainan dalam pengenalan nilai Agama Islam yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran kepada anak di TK Pertiwi Pandeyan IV antara lain: Pesan berantai, lingkaran sholat dan jumlah rakaat. 2) Implementasi pengenalan agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran agama Islam anak TK. Adapun implementasinya dapat ditunjukan dengan materi yang disampaikan menekankan pada kehidupan sehari-hari, pemberian keteladanan, kesesuaian kurikulum yang mana penyampaiannya secara bertahap, kesesuaian dengan prinsip DAP, monitoring. 3) Faktor pendukung proses kegiatan pembelajaran dalam pengenalan nilai agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV meliputi: Adanya buku Penghubung, Kegiatan dilakukan di awal kegiatan, Pengembangan permainan yang inovatif, Kegiatan permainan yang familiar bagi anak. Namun yang menjadi penghambat dalam kegiatan pengenalan nilai Agama Islam melalui metode bermain adalah Anak kurang berminat untuk sekolah, Kurangnya tenaga kependidikan, Terbatasnya waktu, media pembelajaran yang kurang memadai.