UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BERHITUNG KONSEP SEDERHANA ANAK MELALUI PEMBERIAN REWARD (PTK di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan Tahun Ajaran 2009 / 2010)
Minat belajar pada anak usia dini perlu ditingkatkan terutama pada pembelajaran berhitung karena berhitung merupakan dasar dari ilmu pendidikan yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak adalah dengan pemberian reward. Penelitian ini bertuj...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2010
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/11937/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
Sumario: | Minat belajar pada anak usia dini perlu ditingkatkan terutama pada
pembelajaran berhitung karena berhitung merupakan dasar dari ilmu pendidikan
yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar berhitung konsep
sederhana anak adalah dengan pemberian reward. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan minat belajar berhitung konsep sederhana dengan
pemberian reward.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian
ini adalah anak didik kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan tahun
ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas,
dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan,
wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data
dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran
berhitung konsep sederhana anak melalui pemberian reward, yakni sebelum
tindakan 21,285 %, siklus I mencapai 26,90 %, siklus II mencapai 51,3 %.
Pembelajaran dengan memanfaatkan reward juga didukung oleh metode lain
yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang
cukup penting dalam peningkatan minat belajar berhitung konsep sederhana anak
karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat
pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian reward dapat
meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak.
|
---|