UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BERHITUNG KONSEP SEDERHANA ANAK MELALUI PEMBERIAN REWARD (PTK di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan Tahun Ajaran 2009 / 2010)

Minat belajar pada anak usia dini perlu ditingkatkan terutama pada pembelajaran berhitung karena berhitung merupakan dasar dari ilmu pendidikan yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak adalah dengan pemberian reward. Penelitian ini bertuj...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: APRILIA , NITA
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2010
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/11937/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Minat belajar pada anak usia dini perlu ditingkatkan terutama pada pembelajaran berhitung karena berhitung merupakan dasar dari ilmu pendidikan yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak adalah dengan pemberian reward. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar berhitung konsep sederhana dengan pemberian reward. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran berhitung konsep sederhana anak melalui pemberian reward, yakni sebelum tindakan 21,285 %, siklus I mencapai 26,90 %, siklus II mencapai 51,3 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan reward juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan minat belajar berhitung konsep sederhana anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian reward dapat meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak.