UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO PADA ANAK USIA DINI DI TK AISIYAH MENDUNGAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melaluipermainan lego pada pokok bahasan menyusun menjadi bentuk monas, hotel, mobil, bus, kereta dan menjadi bentuk bebas. Penerima tindakan adalah anak kelas B TK Aisyiyah mendungan yang berjumlah 15 anak. Subyek pelaks...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: MARLIANA , ISNAINI ATIK
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11936/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melaluipermainan lego pada pokok bahasan menyusun menjadi bentuk monas, hotel, mobil, bus, kereta dan menjadi bentuk bebas. Penerima tindakan adalah anak kelas B TK Aisyiyah mendungan yang berjumlah 15 anak. Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan anak melalui bermain menyusun lego. Peningkatan kreatifitas siswa dalam : a) Kreativitas mengemukakan ide sebelum tindakan 23,52% ( 4 anak), Siklus I 35,29 % (6 anak), Siklus II 47,05% ( 8 anak), b) Kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga sebelum tindakan 29,41% (5 anak), Siklus I 47,05% (8 anak), Siklus II 64,70%, c) ( 11 anak), d) Kreativitas keaktifan bertanya sebelum tindakan 29,41% (5 anak), Siklus I 41,17% (7 anak), Siklus II 58,88 % (10 anak), e) Kreativitas dalam kemandirian sebelum tindakan 36,29 % ( 6 anak), Siklus I 52,94% ( 9 anak), Siklus II 76,47 % (13 anak).