UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO PADA ANAK USIA DINI DI TK AISIYAH MENDUNGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melaluipermainan lego pada pokok bahasan menyusun menjadi bentuk monas, hotel, mobil, bus, kereta dan menjadi bentuk bebas. Penerima tindakan adalah anak kelas B TK Aisyiyah mendungan yang berjumlah 15 anak. Subyek pelaks...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11936/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak
melaluipermainan lego pada pokok bahasan menyusun menjadi bentuk monas, hotel,
mobil, bus, kereta dan menjadi bentuk bebas. Penerima tindakan adalah anak kelas B
TK Aisyiyah mendungan yang berjumlah 15 anak.
Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam
dua siklus setiap siklus 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis kritis
terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dalam proses pembelajaran yang
terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung.
Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan anak melalui bermain menyusun
lego. Peningkatan kreatifitas siswa dalam : a) Kreativitas mengemukakan ide
sebelum tindakan 23,52% ( 4 anak), Siklus I 35,29 % (6 anak), Siklus II 47,05% ( 8
anak), b) Kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga sebelum tindakan 29,41%
(5 anak), Siklus I 47,05% (8 anak), Siklus II 64,70%, c) ( 11 anak), d) Kreativitas
keaktifan bertanya sebelum tindakan 29,41% (5 anak), Siklus I 41,17% (7 anak),
Siklus II 58,88 % (10 anak), e) Kreativitas dalam kemandirian sebelum tindakan
36,29 % ( 6 anak), Siklus I 52,94% ( 9 anak), Siklus II 76,47 % (13 anak).
|
---|