UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TK AISYIYAH JETIS WONOREJO POLOKARTO SUKOHARJO
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak, dengan mengidentifikasi peningkatan kreativitas anak yang meliputi rasa ingin tahu anak, kemampuan imajinasi anak, dan rasa percaya diri anak. Objek penelitia...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11932/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode permainan
konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak, dengan
mengidentifikasi peningkatan kreativitas anak yang meliputi rasa ingin tahu anak,
kemampuan imajinasi anak, dan rasa percaya diri anak. Objek penelitian ini
adalah penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan
kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari anak didik kelompok B
TK Aisyiyah Jetis Wonorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
permainan konstruktif mampu meningkatkan kreativitas anak. Hal ini dapat
ditunjukkan dari hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah
penelitian serta tanggapan dari anak didik setelah tindakan kelas selesai kreativitas
anak didik dalam hal rasa ingin tahu anak dalam aspek yang diamati aktif dan giat
bertanya dari 27,7% meningkat menjadi 88,8%. Kreativitas anak dalam hal
kemampuan imajianasi anak dalam aspek yang diamati mampu/dapat membuat
berbagai bentuk dengan lego dari 16,6% meningkat menjadi 77,7%. Dan
kemampuan rasa percaya diri anak dalam aspek yang diamati menunjukkan dan
menceritakan mainan yang dibuatnya dengan lego dari 22,2% meningkat menjadi
88,8%. Pembelajaran ini mendapat respon yang positif dari anak didik karena
pembelajaran lebih inovatif dan bermakna. |
---|