UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN KUBUS BERGAMBAR KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B3 Semester I TK AISYIYAH Cabang Blimbing Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajara...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11931/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B3 Semester I TK AISYIYAH Cabang Blimbing Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan bersifat diskriptif kualitatif dan dikenakan pada 22 anak didik. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan kemampuan berhitung anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian dalam hal ketertarikan pada aktivitas berhitung mulai dari 8 anak menjadi 14 anak, 18 anak, hingga 21 anak. Anak menyebutkan urutan bilangan
dengan benar dari 7 anak menjadi 14 anak, 17 anak, hingga 19 anak. Anak mampu menjumlah-jumlahkan atau mengurangi angka dari 6 anak menjadi 12 anak, 15 anak, hingga 17 anak. Anak berani bertanya mulai dari 5 anak menjadi 9 anak, 12
anak, hingga 18 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi dapat disimpulkan ada peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kubus bergambar. |
---|