ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA

Masa sekarang, adalah masa persaingan antar swalayan begitu sangat ketat yang dikarenakan begitu banyak swalayan atau toserba-toserba baru yang bermunculan, hal ini membuat Toserba Laris harus berusaha semaksimal mungkin mempertahankan loyalitas pelanggannya. Satu hal yang lebih penting lagi adalah...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: NUGROHO, HENGKY
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/11928/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
_version_ 1804995474180014080
author NUGROHO, HENGKY
author_facet NUGROHO, HENGKY
author_sort NUGROHO, HENGKY
collection ePrints
description Masa sekarang, adalah masa persaingan antar swalayan begitu sangat ketat yang dikarenakan begitu banyak swalayan atau toserba-toserba baru yang bermunculan, hal ini membuat Toserba Laris harus berusaha semaksimal mungkin mempertahankan loyalitas pelanggannya. Satu hal yang lebih penting lagi adalah kepuasan konsumen karena tanpa adanya kepuasan dari konsumen loyalitas pelanggan tidak dapat terpenuhi. Penulis mengadakan penelitian pada tahun 2006 untuk menganalisis faktor manakah yang berpengaruh dari bauran pemasaran pada penciptaan loyalitas pelanggan obyek penulis adalah Toserba Laris di Kartasura. Upaya dalam menciptakan loyalitas pelanggan Toserba Laris melakukannya melalui pendekatan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, letak/lokasi) dari bauran pemasaran itulah diharapkan bisa menganalisis faktor manakah yang paling berpengaruh atau dominan dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memastikan apakah variabel yang digunakan cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data. Alat pengukur data yang digunakan penulis adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan variabel independen terhadap variabel dependen dalam hal ini menggunakan Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinan, uji F-test, Analisis Korelasi Terpisah dan uji t-test. Analisis dilakukan dengan taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwasanya produk, harga, promosi, lokasi berpengaruh dan berpengaruh positif pula terhadap terciptanya loyalitas pelanggan. Analisis menggunakan uji F diperoleh hasil nilai Fhitung (13,120) > Ftabel maka Ho ditolak, hal ini menunjukan adanya pengaruh antara produk, harga, promosi dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari R2 sebesar 0,428 berarti besarnya pengaruh variabel produk, promosi, harga dan lokasi secara serentak terhadap loyalitas pelanggan adalah 42,8%, sedangkan sisanya sebesar 57,2% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model. Hipotesis yang penulis ajukan, bahwasanya bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan lokasi) dapat berpengaruh menciptakan loyalitas pelanggan, adapun hasil penelitian menunjukan dari bauran pemasaran yang paling berpengaruh dalam penciptaan loyalitas pelanggan adalah produk.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11928
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11928 https://eprints.ums.ac.id/11928/ ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA NUGROHO, HENGKY HD28 Management Masa sekarang, adalah masa persaingan antar swalayan begitu sangat ketat yang dikarenakan begitu banyak swalayan atau toserba-toserba baru yang bermunculan, hal ini membuat Toserba Laris harus berusaha semaksimal mungkin mempertahankan loyalitas pelanggannya. Satu hal yang lebih penting lagi adalah kepuasan konsumen karena tanpa adanya kepuasan dari konsumen loyalitas pelanggan tidak dapat terpenuhi. Penulis mengadakan penelitian pada tahun 2006 untuk menganalisis faktor manakah yang berpengaruh dari bauran pemasaran pada penciptaan loyalitas pelanggan obyek penulis adalah Toserba Laris di Kartasura. Upaya dalam menciptakan loyalitas pelanggan Toserba Laris melakukannya melalui pendekatan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, letak/lokasi) dari bauran pemasaran itulah diharapkan bisa menganalisis faktor manakah yang paling berpengaruh atau dominan dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memastikan apakah variabel yang digunakan cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data. Alat pengukur data yang digunakan penulis adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan variabel independen terhadap variabel dependen dalam hal ini menggunakan Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinan, uji F-test, Analisis Korelasi Terpisah dan uji t-test. Analisis dilakukan dengan taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwasanya produk, harga, promosi, lokasi berpengaruh dan berpengaruh positif pula terhadap terciptanya loyalitas pelanggan. Analisis menggunakan uji F diperoleh hasil nilai Fhitung (13,120) > Ftabel maka Ho ditolak, hal ini menunjukan adanya pengaruh antara produk, harga, promosi dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari R2 sebesar 0,428 berarti besarnya pengaruh variabel produk, promosi, harga dan lokasi secara serentak terhadap loyalitas pelanggan adalah 42,8%, sedangkan sisanya sebesar 57,2% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model. Hipotesis yang penulis ajukan, bahwasanya bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan lokasi) dapat berpengaruh menciptakan loyalitas pelanggan, adapun hasil penelitian menunjukan dari bauran pemasaran yang paling berpengaruh dalam penciptaan loyalitas pelanggan adalah produk. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11928/1/FILE_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11928/3/FILE_I.pdf NUGROHO, HENGKY (2011) ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100990196
spellingShingle HD28 Management
NUGROHO, HENGKY
ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA
title ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA
title_full ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA
title_fullStr ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA
title_full_unstemmed ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA
title_short ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA
title_sort analisis bauran pemasaran pengaruhnya dalam upaya menciptakan loyalitas pelanggan pada toserba laris kartasura
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/11928/
work_keys_str_mv AT nugrohohengky analisisbauranpemasaranpengaruhnyadalamupayamenciptakanloyalitaspelangganpadatoserbalariskartasura