PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar anak kelompok B semester II TK Papahan 03 Tasikmadu karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas yang dil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wulandari , Sri
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11927/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995473909481472
author Wulandari , Sri
author_facet Wulandari , Sri
author_sort Wulandari , Sri
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar anak kelompok B semester II TK Papahan 03 Tasikmadu karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini bersifat deskriptif kualitatif dan dikenakan pada 20 anak didik. Pengambilan data dilakukan dengan teknik oibservasi, catatan, lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam aktivitas belajar anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II pertemuan pertama dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 11 anak (55%) menjadi 16 anak (80%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 13 anak (65%) menjadi 18 anak (90%), aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 18 anak (90%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 18 anak (90%). Pada siklus I dan siklus II pertemuan kedua dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 15 anak (75%) menjadi 18 anak (90%), anak aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 17 anak (85%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 13 anak (65%) menjadi 18 anak (90%). Pada siklus I dan siklus II pertemuan ketiga dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak.(90%) Berdasarkan hasil penelitian dan observasi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar anak dalam pembelajaran outdoor.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11927
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11927 https://eprints.ums.ac.id/11927/ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR Wulandari , Sri L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar anak kelompok B semester II TK Papahan 03 Tasikmadu karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini bersifat deskriptif kualitatif dan dikenakan pada 20 anak didik. Pengambilan data dilakukan dengan teknik oibservasi, catatan, lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam aktivitas belajar anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II pertemuan pertama dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 11 anak (55%) menjadi 16 anak (80%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 13 anak (65%) menjadi 18 anak (90%), aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 18 anak (90%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 18 anak (90%). Pada siklus I dan siklus II pertemuan kedua dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 15 anak (75%) menjadi 18 anak (90%), anak aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 17 anak (85%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 13 anak (65%) menjadi 18 anak (90%). Pada siklus I dan siklus II pertemuan ketiga dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak.(90%) Berdasarkan hasil penelitian dan observasi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar anak dalam pembelajaran outdoor. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11927/14/LAMPIRAN.pdf Wulandari , Sri (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520081011
spellingShingle L Education (General)
Wulandari , Sri
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR
title_full PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR
title_fullStr PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR
title_short PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR
title_sort penerapan metode pembelajaran outdoor dalam meningkatkan aktivitas belajar anak di tk papahan 03 tasikmadu karanganyar
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11927/
work_keys_str_mv AT wulandarisri penerapanmetodepembelajaranoutdoordalammeningkatkanaktivitasbelajaranakditkpapahan03tasikmadukaranganyar