ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN ADVERTISING MOSLEM GRAFIKA DI SURAKARTA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan modal kerja pada perusahaan advertising Moslem Garafika di tinjau dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di harapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi p...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11926/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan modal kerja pada perusahaan advertising Moslem Garafika di tinjau dari rasio
likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di harapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi perusahaan dan
penanam modal (investor) untuk di gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan atau mengembangkan modal di masa yang akan datang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari perusahaan advertising Moslem Grafika. Sumber data tersebut berdasarkan laporan-laporan
keuangan perusahaan advertising Moslem Grafika. Data tersebut berupa laporan keuangan periodik perusahaan tahun 2007-2009.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa analisis rasio likuiditas dilihat dari
current ratio dan quick ratio menunjukkan adanya efisiensi penggunaan aktiva lancar
dalam menjamin hutang lancar. Dengan demikian perusahaan advertising Moslem
Grafika termasuk kategori tidak baik selama tahun 2007-2009 berdasar rasio
likuiditas. Hasil analisis rasio solvabilitas baik dilihat dari rasio total hutang terhadap
total aktiva menunjukkan efisiensi dalam menjamin total hutang melalui total aktiva
dan laba sebelum pajak. Dengan demikian dapat diketahui bahwa efisiensi
penggunaan modal perusahaan advertising Moslem Grafika termasuk kategori tidak
baik selama tahun 2007-2009.
Hasil analisis rasio rentabilitas baik dilihat dari rentabilitas ekonomi dan
rentabilitas modal sendiri menunjukkan hasil yang baik. Jadi dengan demikian dapat
diketahui bahwa efisiensi penggunaan modal perusahaan advertising Moslem
Grafika termasuk kategori baik selama tahun 2007-2009 berdasarkan rasio
rentabilitas. |
---|