PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Kemala Bhayangkari. Subyek penelitian ini adalah anak -anak TK Kemala Bhayangkari, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANDARI , RETNO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11925/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995473364221952
author WULANDARI , RETNO
author_facet WULANDARI , RETNO
author_sort WULANDARI , RETNO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Kemala Bhayangkari. Subyek penelitian ini adalah anak -anak TK Kemala Bhayangkari, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi mitra penelitian. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses pembelajaran baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian disimpulkan bahwa lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan bermain kelompok dan menggunakan media lingkungan sekolah yang ada. Pembelajaran yang dilak sanakan dengan bimbingan dan arahan guru dapat berjalan dengan baik. Namun terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak yaitu keluarga , kematangan fisik, status ekonomi, pendidikan dan kapasitas mental . Keterkaitan itu misalnya dalam keluarga merupakan proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan kepribadian anak atau bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain. Untuk dapat ersosialisasi dibutuhkan kematangan fisik dan psikis, sedangkan status ekonomi menentukan perilaku anak dan orang orang yang menjadi obyek dalam bersosialisasi . Pendidikan sebagai tempat proses sosialisasi yang terarah dan yang terakhir adalah kapasitas mental seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, intelek tinggi akan berkemampuan berbahasa dengan baik. Oleh karena itu jika perkembangan ketiganya seimbang maka akan sangat menentukan keberhasilan perkembangan sosial emosional anak
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11925
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11925 https://eprints.ums.ac.id/11925/ PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI WULANDARI , RETNO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Kemala Bhayangkari. Subyek penelitian ini adalah anak -anak TK Kemala Bhayangkari, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi mitra penelitian. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses pembelajaran baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian disimpulkan bahwa lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan bermain kelompok dan menggunakan media lingkungan sekolah yang ada. Pembelajaran yang dilak sanakan dengan bimbingan dan arahan guru dapat berjalan dengan baik. Namun terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak yaitu keluarga , kematangan fisik, status ekonomi, pendidikan dan kapasitas mental . Keterkaitan itu misalnya dalam keluarga merupakan proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan kepribadian anak atau bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain. Untuk dapat ersosialisasi dibutuhkan kematangan fisik dan psikis, sedangkan status ekonomi menentukan perilaku anak dan orang orang yang menjadi obyek dalam bersosialisasi . Pendidikan sebagai tempat proses sosialisasi yang terarah dan yang terakhir adalah kapasitas mental seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, intelek tinggi akan berkemampuan berbahasa dengan baik. Oleh karena itu jika perkembangan ketiganya seimbang maka akan sangat menentukan keberhasilan perkembangan sosial emosional anak 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/2/BAB__1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/3/BAB__2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/4/BAB__3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/7/BAB__4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/10/BAB__5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11925/16/LAMPIRAN.pdf WULANDARI , RETNO (2011) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520080114
spellingShingle L Education (General)
WULANDARI , RETNO
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI
title PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI
title_full PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI
title_fullStr PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI
title_full_unstemmed PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI
title_short PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI
title_sort pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di tk kemala bhayangkari desa batan kecamatan banyudono kabupaten boyolali
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11925/
work_keys_str_mv AT wulandariretno pengaruhlingkungansekolahterhadapperkembangansosialemosionalanakusiadiniditkkemalabhayangkaridesabatankecamatanbanyudonokabupatenboyolali