IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam di TK Aisyiysh III Girimargo. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK Aisyiyah III Girimargo, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11924/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995473092640768
author SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
author_facet SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
author_sort SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
collection ePrints
description Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam di TK Aisyiysh III Girimargo. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK Aisyiyah III Girimargo, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi mitra penelitian. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode interaktif baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam suka membaca yang dilaksanakan dengan pembimbingan, antara guru dengan anak selama 60 menit sebelum masuk kelas berjalan dengan baik. Metode ini sesuai dan efektif untuk pembelajaran anak TK. Anak yang memiliki kemampuan sangat baik (SB) sebanyak 10,2%, baik (B) 38,4%, cukup (C) 25,6% , dan kurang (K) 25,6%. Namun terdapat faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam suka membaca antara lain, kurangnya keseimbangan antara guru dengan jumlah anak, kurangnya motivasi dan upaya dari orang tua untuk memperkuat kembali pembelajaran membaca di rumah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11924
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11924 https://eprints.ums.ac.id/11924/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO SULISTYOWATI , SULISTYOWATI L Education (General) Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam di TK Aisyiysh III Girimargo. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK Aisyiyah III Girimargo, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi mitra penelitian. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode interaktif baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam suka membaca yang dilaksanakan dengan pembimbingan, antara guru dengan anak selama 60 menit sebelum masuk kelas berjalan dengan baik. Metode ini sesuai dan efektif untuk pembelajaran anak TK. Anak yang memiliki kemampuan sangat baik (SB) sebanyak 10,2%, baik (B) 38,4%, cukup (C) 25,6% , dan kurang (K) 25,6%. Namun terdapat faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam suka membaca antara lain, kurangnya keseimbangan antara guru dengan jumlah anak, kurangnya motivasi dan upaya dari orang tua untuk memperkuat kembali pembelajaran membaca di rumah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11924/1/File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11924/2/File_1._Skripsi_-_Sulistyowati.pdf SULISTYOWATI , SULISTYOWATI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520080030
spellingShingle L Education (General)
SULISTYOWATI , SULISTYOWATI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
title_sort implementasi pembelajaran membaca melalui metode anak islam suka membaca pada anak di tk aisyiyah iii girimargo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11924/
work_keys_str_mv AT sulistyowatisulistyowati implementasipembelajaranmembacamelaluimetodeanakislamsukamembacapadaanakditkaisyiyahiiigirimargo