IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI METODE ANAK ISLAM SUKA MEMBACA PADA ANAK DI TK AISYIYAH III GIRIMARGO
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam di TK Aisyiysh III Girimargo. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK Aisyiyah III Girimargo, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepal...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11924/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam di TK Aisyiysh III Girimargo. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK Aisyiyah III Girimargo, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi mitra penelitian. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode interaktif baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam suka membaca yang dilaksanakan dengan pembimbingan, antara guru dengan anak selama 60 menit sebelum masuk kelas berjalan dengan baik. Metode ini sesuai dan efektif untuk pembelajaran anak TK. Anak yang memiliki kemampuan sangat baik (SB) sebanyak 10,2%, baik (B) 38,4%, cukup (C) 25,6% , dan kurang (K) 25,6%. Namun terdapat faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran membaca melalui anak Islam suka membaca antara lain, kurangnya keseimbangan antara guru dengan jumlah anak, kurangnya motivasi dan upaya dari orang tua untuk memperkuat kembali pembelajaran membaca di rumah.
|
---|