UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar matematika melalui model pembelajaran talking stick. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode obsrvasi,...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/11923/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
_version_ | 1804995472813719552 |
---|---|
author | WIDAYATI , SRI |
author_facet | WIDAYATI , SRI |
author_sort | WIDAYATI , SRI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar matematika melalui model pembelajaran talking stick. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi
tindakan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode obsrvasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini meliputi : (1) Siswa yang bersemangat pada putaran I terdapat 15 siswa (83%), putaran II terdapat 16 siswa (88%) dan putaran III 18 siswa (100%). (2). Siswa
yang berminat pada putaran I sebanyak 13 siswa (72%), putaran II terdapat 16 siswa (88%) dan putaran III meningkat menjadi seluruh siswa yaitu 18 siswa (100%). (3). Siswa yang tekun dalam menghadapi tugas pada putaran I ada 9 siswa (50%), putaran II terdapat 12 siswa (66%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 15 siswa (83%). (4). Dan yang ulet menghadapi kesulitan pada putaran I ada 9 siswa (50%), putaran II terdapat 13 siswa (72%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 15 siswa (83%). (5). Prestasi belajar pada putaran I ada 11 siswa (65%) yang bisa menjawab soal, putaran II terdapat 15 siswa (83%), putaran III meningkat 17 siswa (94%) siswa yang berhasil menjawab dengan benar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11923 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11923 https://eprints.ums.ac.id/11923/ UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 WIDAYATI , SRI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar matematika melalui model pembelajaran talking stick. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode obsrvasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini meliputi : (1) Siswa yang bersemangat pada putaran I terdapat 15 siswa (83%), putaran II terdapat 16 siswa (88%) dan putaran III 18 siswa (100%). (2). Siswa yang berminat pada putaran I sebanyak 13 siswa (72%), putaran II terdapat 16 siswa (88%) dan putaran III meningkat menjadi seluruh siswa yaitu 18 siswa (100%). (3). Siswa yang tekun dalam menghadapi tugas pada putaran I ada 9 siswa (50%), putaran II terdapat 12 siswa (66%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 15 siswa (83%). (4). Dan yang ulet menghadapi kesulitan pada putaran I ada 9 siswa (50%), putaran II terdapat 13 siswa (72%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 15 siswa (83%). (5). Prestasi belajar pada putaran I ada 11 siswa (65%) yang bisa menjawab soal, putaran II terdapat 15 siswa (83%), putaran III meningkat 17 siswa (94%) siswa yang berhasil menjawab dengan benar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/1/2_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/2/3_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/3/4_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/4/5_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/5/6_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/7/7_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/10/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11923/12/9_LAMPIRAN.pdf WIDAYATI , SRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510080008 |
spellingShingle | L Education (General) WIDAYATI , SRI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | upaya meningkatkan motivasi belajar matematika melalui model pembelajaran talking stick di kelas v semester ii sd negeri pohijo 02 kecamatan margoyoso kab pati tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11923/ |
work_keys_str_mv | AT widayatisri upayameningkatkanmotivasibelajarmatematikamelaluimodelpembelajarantalkingstickdikelasvsemesteriisdnegeripohijo02kecamatanmargoyosokabpatitahunpelajaran20102011 |