UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI POHIJO 02 KECAMATAN MARGOYOSO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar matematika melalui model pembelajaran talking stick. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode obsrvasi,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDAYATI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11923/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar matematika melalui model pembelajaran talking stick. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode obsrvasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini meliputi : (1) Siswa yang bersemangat pada putaran I terdapat 15 siswa (83%), putaran II terdapat 16 siswa (88%) dan putaran III 18 siswa (100%). (2). Siswa yang berminat pada putaran I sebanyak 13 siswa (72%), putaran II terdapat 16 siswa (88%) dan putaran III meningkat menjadi seluruh siswa yaitu 18 siswa (100%). (3). Siswa yang tekun dalam menghadapi tugas pada putaran I ada 9 siswa (50%), putaran II terdapat 12 siswa (66%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 15 siswa (83%). (4). Dan yang ulet menghadapi kesulitan pada putaran I ada 9 siswa (50%), putaran II terdapat 13 siswa (72%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 15 siswa (83%). (5). Prestasi belajar pada putaran I ada 11 siswa (65%) yang bisa menjawab soal, putaran II terdapat 15 siswa (83%), putaran III meningkat 17 siswa (94%) siswa yang berhasil menjawab dengan benar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.