PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PERMAINAN BINGO TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHANPADA SISWA KELAS V DI SDN GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran matematika kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura serta mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media permainan BINGO. Jenis peneliti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11921/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan
pembelajaran matematika kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura serta mengetahui
peningkatan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi
pecahan dengan menggunakan media permainan BINGO. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaboratif antara peneliti kepala sekolah dan guru
matematika kelas V. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N Gumpang
01 Kartasura yang berjumlah 44 siswa, siswa laki-laki berjumlah 17 dan siswa
perempuan berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data ini adalah observasi
wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan
oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing
dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang tersedia dan
mencocokkan jawaban pada media permainan BINGO. Jawaban harus membentuk
diagonal, Horizontal dan vertikal serta melewati garis tengah. Hasil penelitian ini
diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai KKM diatas 65. Adanya
peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura
sebelum tindakan hanya mencapai 40,90 % (18 siswa), pada tindakan I meningkat
menjadi 79,54% (35 siswa), dan pada tindakan II meningkat menjadi 100% sebanyak
44 siswa, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media permainan
BINGO dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan dapat meningkatkan
kemampuan berhitung siswa kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura. |
---|