PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PERMAINAN BINGO TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHANPADA SISWA KELAS V DI SDN GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran matematika kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura serta mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media permainan BINGO. Jenis peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRIYANTI, DIANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11921/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran matematika kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura serta mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media permainan BINGO. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaboratif antara peneliti kepala sekolah dan guru matematika kelas V. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura yang berjumlah 44 siswa, siswa laki-laki berjumlah 17 dan siswa perempuan berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data ini adalah observasi wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang tersedia dan mencocokkan jawaban pada media permainan BINGO. Jawaban harus membentuk diagonal, Horizontal dan vertikal serta melewati garis tengah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai KKM diatas 65. Adanya peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura sebelum tindakan hanya mencapai 40,90 % (18 siswa), pada tindakan I meningkat menjadi 79,54% (35 siswa), dan pada tindakan II meningkat menjadi 100% sebanyak 44 siswa, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media permainan BINGO dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas V di SD N Gumpang 01 Kartasura.