MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam penguasaan materi pembelajaran matematika melalui metode gu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LESTARI, TATIK PUJI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11920/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995471994781696
author LESTARI, TATIK PUJI
author_facet LESTARI, TATIK PUJI
author_sort LESTARI, TATIK PUJI
collection ePrints
description Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam penguasaan materi pembelajaran matematika melalui metode guided note taking pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 2 Masaran Sragen tahun ajaran 2010/2011. Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran matematika, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep matematika diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika bagi siswa dan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa sebesar 47,83, rata-rata siklus I meningkat menjadi 53,125, rata-rata siklus II meningkat menjadi 66,25, dan siklus III meningkat menjadi 84,56. Sedangkan pada aspek afektif rata-rata siklus I sebesar 69,18%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 76,81%, dan siklus III meningkat menjadi 83,69%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11920
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11920 https://eprints.ums.ac.id/11920/ MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 LESTARI, TATIK PUJI L Education (General) Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam penguasaan materi pembelajaran matematika melalui metode guided note taking pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 2 Masaran Sragen tahun ajaran 2010/2011. Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran matematika, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep matematika diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika bagi siswa dan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa sebesar 47,83, rata-rata siklus I meningkat menjadi 53,125, rata-rata siklus II meningkat menjadi 66,25, dan siklus III meningkat menjadi 84,56. Sedangkan pada aspek afektif rata-rata siklus I sebesar 69,18%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 76,81%, dan siklus III meningkat menjadi 83,69%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/2/03._BAB__I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/8/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11920/16/09._LAMPIRAN.pdf LESTARI, TATIK PUJI (2011) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070150
spellingShingle L Education (General)
LESTARI, TATIK PUJI
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan bangun ruang kubus dan balok melalui guided note taking pada pembelajaran matematika kelas iv sdn sidodadi 2 masaran sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11920/
work_keys_str_mv AT lestaritatikpuji meningkatkanpemahamansiswadalampenguasaanbangunruangkubusdanbalokmelaluiguidednotetakingpadapembelajaranmatematikakelasivsdnsidodadi2masaransragentahunajaran20102011