MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGUASAAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam penguasaan materi pembelajaran matematika melalui metode gu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11920/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses
pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman
siswa dalam penguasaan materi pembelajaran matematika melalui metode guided
note taking pada siswa kelas IV SDN Sidodadi 2 Masaran Sragen tahun ajaran
2010/2011. Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh
hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran matematika,
konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam
pembelajaran,dan rendahnya hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data
pemahaman konsep matematika diambil dengan menggunakan observasi,
wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian
ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data
perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika bagi siswa dan hasil
belajar siswa. Pada aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa
sebesar 47,83, rata-rata siklus I meningkat menjadi 53,125, rata-rata siklus II
meningkat menjadi 66,25, dan siklus III meningkat menjadi 84,56. Sedangkan
pada aspek afektif rata-rata siklus I sebesar 69,18%, rata-rata siklus II meningkat
menjadi 76,81%, dan siklus III meningkat menjadi 83,69%. |
---|