PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Su...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NAIMAH , IMROATUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11919/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995471721103360
author NAIMAH , IMROATUN
author_facet NAIMAH , IMROATUN
author_sort NAIMAH , IMROATUN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Plosorejo yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 14,63% dan setelah tindakan 36,58%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 12,19 % dan setelah tindakan 39,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam memulai proses pembelajaran sebelum tindakan19,51% dan setelah tindakan 56,09%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11919
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11919 https://eprints.ums.ac.id/11919/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) NAIMAH , IMROATUN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Plosorejo yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 14,63% dan setelah tindakan 36,58%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 12,19 % dan setelah tindakan 39,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam memulai proses pembelajaran sebelum tindakan19,51% dan setelah tindakan 56,09%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/1/Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/12/LAMPIRAN.pdf NAIMAH , IMROATUN (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070062
spellingShingle L Education (General)
NAIMAH , IMROATUN
PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
title PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
title_full PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
title_fullStr PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
title_short PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
title_sort peningkatan minat belajar matematika melalui pembelajaran peer lesson pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan alat peraga di kelas iv sd negeri i plosorejo kecamatan tawangharjo kabupaten grobogan tahun ajaran 2011 2012
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11919/
work_keys_str_mv AT naimahimroatun peningkatanminatbelajarmatematikamelaluipembelajaranpeerlessonpadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdenganalatperagadikelasivsdnegeriiplosorejokecamatantawangharjokabupatengrobogantahunajaran20112012