PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Su...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11919/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995471721103360 |
---|---|
author | NAIMAH , IMROATUN |
author_facet | NAIMAH , IMROATUN |
author_sort | NAIMAH , IMROATUN |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar
matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat
peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Plosorejo yang berjumlah
41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik
triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat
belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru
dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 14,63% dan
setelah tindakan 36,58%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada
waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 12,19 % dan setelah tindakan
39,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam
memulai proses pembelajaran sebelum tindakan19,51% dan setelah tindakan
56,09%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran
Peer lesson dengan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam
belajar matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11919 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11919 https://eprints.ums.ac.id/11919/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) NAIMAH , IMROATUN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Plosorejo yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 14,63% dan setelah tindakan 36,58%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 12,19 % dan setelah tindakan 39,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam memulai proses pembelajaran sebelum tindakan19,51% dan setelah tindakan 56,09%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/1/Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11919/12/LAMPIRAN.pdf NAIMAH , IMROATUN (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070062 |
spellingShingle | L Education (General) NAIMAH , IMROATUN PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) |
title | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I
PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) |
title_full | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I
PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) |
title_fullStr | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I
PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I
PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) |
title_short | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I
PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012) |
title_sort | peningkatan minat belajar matematika melalui pembelajaran peer lesson pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan alat peraga di kelas iv sd negeri i plosorejo kecamatan tawangharjo kabupaten grobogan tahun ajaran 2011 2012 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11919/ |
work_keys_str_mv | AT naimahimroatun peningkatanminatbelajarmatematikamelaluipembelajaranpeerlessonpadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdenganalatperagadikelasivsdnegeriiplosorejokecamatantawangharjokabupatengrobogantahunajaran20112012 |