PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI I PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN (Tahun Ajaran 2011 / 2012)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Su...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English English English |
Опубликовано: |
2011
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/11919/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar
matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran Peer lesson dengan alat
peraga. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Plosorejo yang berjumlah
41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik
triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat
belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru
dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 14,63% dan
setelah tindakan 36,58%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada
waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 12,19 % dan setelah tindakan
39,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam
memulai proses pembelajaran sebelum tindakan19,51% dan setelah tindakan
56,09%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran
Peer lesson dengan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam
belajar matematika. |
---|