KINERJA GURU DITINJAU DARI PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN TUNTUTAN SERTIFIKASI GURU DI SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) pengaruh positif tuntutan sertifikasi guru terhadap kinerja guru; 3) pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan tuntuta...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11916/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh positif
persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2)
pengaruh positif tuntutan sertifikasi guru terhadap kinerja guru; 3) pengaruh
positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutan
sertifikasi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA
Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 70 orang. Sampel
diambil sebanyak 60 guru dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket telah diuji cobakan terlebih
dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji R2
, serta perhitungan
sumbangan efektif dan relatif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 19,625 +
0,591.X1 + 0,383.X2. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala
sekolah dan tuntutan sertifikasi guru. Kesimpulan yang diambil dalam penelitian
ini adalah: 1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja
guru SMA Negeri 2 Rembang. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh
thitung X1 = 5,599 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%; 2)
Tuntutan sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMA Negeri 2
Rembang. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 4,067 lebih
besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%; 3) Kepemimpinan kepala
sekolah dan tuntutan sertifikasi guru secara bersama-sama berpengaruh positif
terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung
sebesar 52,155 lebih besar dari Ftabel (3,15) pada taraf signifikansi 5%. Hasil
perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa
variabel kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 38,9%,
sedangkan variabel tuntutan sertifikasi guru memberikan kontribusi sebesar
25,8%, terhadap kinerja guru. Secara keseluruhan kepemimpinan kepala sekolah
dan tuntutan sertifikasi guru memberikan kontribusi sebesar 64,7% terhadap
kinerja guru, sedangkan 35,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya kelengkapan sarana mengajar, motivasi, kompetensi mengajar,
dan lain-lain. |
---|