PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI MINAT DAN MOTIVASI MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2009
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari minat menjadi guru pada mahasiswa program pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. 2) apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari motivasi menjadi guru pada ma...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11915/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah ada perbedaan prestasi
belajar mahasiswa ditinjau dari minat menjadi guru pada mahasiswa program
pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. 2) apakah ada perbedaan
prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari motivasi menjadi guru pada mahasiswa
program pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. 3) apakah terdapat
kombinasi efek (interaksi) antara minat menjadi guru dan motivasi menjadi guru
terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mahasiswa program pendidikan
akuntansi FKIP UMS angkatan 2009.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP
UMS angkatan 2009 dengan julmah seluruhnya 235 mahasiswa. Sampel diambil
sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik random sampling dengan cara undian.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.
Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada perbedaan prestasi belajar
mahasiswa ditinjau dari minat menjadi guru pada mahasiswa program pendidikan
Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Berdasarkan analisis variansi dua jalan
diperoleh nilai probabilitas signifikansi < alpha, yaitu 0,021 < 0,05. 2) Ada
perbedaan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari motivasi menjadi guru pada
mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009.
Berdasarkan analisis variansi dua jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi <
alpha, yaitu 0,001 < 0,05. 3) Tidak terdapat kombinasi efek (interaksi) antara
minat menjadi guru dan motivasi menjadi guru terhadap prestasi belajar
mahasiswa pada mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan
2009. Berdasarkan analisis variansi dua jalan diperoleh nilai probabilitas
signifikansi > alpha, yaitu 0,567 > 0,05. |
---|