PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I SIMO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011. 2. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan strateg...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11914/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar
siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1
SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011. 2. untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group
exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011
sebanyak 20 siswa.
Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
PTK yaitu dengan menggunakan strategi group to group exchange yang dilaksanakan
di SMA Muhammadiyah I Simo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
pokok yaitu metode observasi dan metode tes, serta metode bantu yaitu catatan
lapangan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi
kualitatif melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan
guru biologi kepada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat peningkatan aktivitas belajar
siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo. 2. terdapat peningkatan hasil belajar
siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada
analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa pada siklus I 29,05 (cukup berhasil),
siklus II 36 (berhasil). Aspek kognitif siswa sebelumnya 50,3, siklus I meningkat
menjadi 60,2 dan siklus II meningkat menjadi 72,7. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran biologi kelas X1 SMA
Muhammadiyah I Simo dengan menggunakan strategi group to group exchange dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan aspek afektif. |
---|