PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/201...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11913/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995470081130496
author WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
author_facet WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
author_sort WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (aspek kognitif=80,22 atau meningkat 5,65 dari observasi awal 74,57; aspek afektif=34,49. Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (aspek kognitif=87,17 atau meningkat 6,95 dari siklus I; aspek afektif=44,13 atau meningkat 9,64 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11913
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11913 https://eprints.ums.ac.id/11913/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011 WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (aspek kognitif=80,22 atau meningkat 5,65 dari observasi awal 74,57; aspek afektif=34,49. Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (aspek kognitif=87,17 atau meningkat 6,95 dari siklus I; aspek afektif=44,13 atau meningkat 9,64 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/14/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11913/19/09._LAMPIRAN.pdf WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070104
spellingShingle L Education (General)
WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran learning starts with a question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas vii a smp negeri 3 sluke kabupaten rembang tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11913/
work_keys_str_mv AT wicitralusitaegaravellakusuma peningkatanhasilbelajarbiologidenganstrategipembelajaranlearningstartswithaquestiondenganmediagambarpadapokokbahasankeanekaragamanmakhlukhiduppadasiswakelasviiasmpnegeri3slukekabupatenrembangtahunajaran20102011