PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/201...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11913/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (aspek kognitif=80,22 atau meningkat 5,65 dari observasi awal 74,57; aspek afektif=34,49. Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (aspek kognitif=87,17 atau meningkat 6,95 dari siklus I; aspek afektif=44,13 atau meningkat 9,64 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.