PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/201...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11913/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan
media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa
Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran
Learning Starts With A Question dengan media gambar yang dilakukan dalam dua
siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap
siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase
keaktifan siswa pada siklus I (aspek kognitif=80,22 atau meningkat 5,65 dari
observasi awal 74,57; aspek afektif=34,49. Prosentase keaktifan siswa pada siklus
II (aspek kognitif=87,17 atau meningkat 6,95 dari siklus I; aspek afektif=44,13
atau meningkat 9,64 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts
With A Question dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VII A
SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.
|
---|