PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDYAYANTI , IKA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11911/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995469535870976
author WIDYAYANTI , IKA
author_facet WIDYAYANTI , IKA
author_sort WIDYAYANTI , IKA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga siklus.  Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Adapun peningkatan Kualitas proses dan hasil belajar biologi yaitu: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar para siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap siklus semakin meningkat dari 3,10 di siklus pertama menjadi 3,67 pada siklus terakhir (2) Nilai rata- rata keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap siklus meningkat dari 3,24 pada siklus pertama meningkat menjadi 3,67 pada siklus akhir. (5) Prestasi belajar nilai rata-rata kelas setiap siklus meningkat dari 6,2 sebelum penelitian meningkat menjadi 7,64 memenuhi ketuntasan nilai rata- rata kelas ≥ 7. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11911
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11911 https://eprints.ums.ac.id/11911/ PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta) WIDYAYANTI , IKA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga siklus.  Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Adapun peningkatan Kualitas proses dan hasil belajar biologi yaitu: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar para siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap siklus semakin meningkat dari 3,10 di siklus pertama menjadi 3,67 pada siklus terakhir (2) Nilai rata- rata keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap siklus meningkat dari 3,24 pada siklus pertama meningkat menjadi 3,67 pada siklus akhir. (5) Prestasi belajar nilai rata-rata kelas setiap siklus meningkat dari 6,2 sebelum penelitian meningkat menjadi 7,64 memenuhi ketuntasan nilai rata- rata kelas ≥ 7. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11911/28/LAMPIRAN.pdf WIDYAYANTI , IKA (2011) PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420060064
spellingShingle L Education (General)
WIDYAYANTI , IKA
PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_full PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_fullStr PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_full_unstemmed PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_short PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_sort penerapan variasi metode pembelajaran berbasis joyful learning untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi ptk di kelas viiih smp muhammadiyah 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11911/
work_keys_str_mv AT widyayantiika penerapanvariasimetodepembelajaranberbasisjoyfullearninguntukmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarbiologiptkdikelasviiihsmpmuhammadiyah1surakarta