PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11911/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi
siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful
Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun
ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 38 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi.
Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis
diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur analisis interaktif. Data
dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga siklus. Hasil
penelitian adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar biologi
siswa melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning.
Adapun peningkatan Kualitas proses dan hasil belajar biologi yaitu: (1) Nilai rata-rata
motivasi belajar para siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap siklus semakin
meningkat dari 3,10 di siklus pertama menjadi 3,67 pada siklus terakhir (2) Nilai
rata- rata keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap siklus
meningkat dari 3,24 pada siklus pertama meningkat menjadi 3,67 pada siklus akhir.
(5) Prestasi belajar nilai rata-rata kelas setiap siklus meningkat dari 6,2 sebelum
penelitian meningkat menjadi 7,64 memenuhi ketuntasan nilai rata- rata kelas ≥ 7.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan
variasi metode pembelajaran berbasis Joyful learning dapat meningkatkan kualitas
proses dan hasil belajar biologi siswa. |
---|