PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDYAYANTI , IKA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11911/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga siklus.  Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Adapun peningkatan Kualitas proses dan hasil belajar biologi yaitu: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar para siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap siklus semakin meningkat dari 3,10 di siklus pertama menjadi 3,67 pada siklus terakhir (2) Nilai rata- rata keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap siklus meningkat dari 3,24 pada siklus pertama meningkat menjadi 3,67 pada siklus akhir. (5) Prestasi belajar nilai rata-rata kelas setiap siklus meningkat dari 6,2 sebelum penelitian meningkat menjadi 7,64 memenuhi ketuntasan nilai rata- rata kelas ≥ 7. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa.