APLIKASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK KECAKAPAN AKADEMIK DI SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia merupakan salah satu prioritas pembangunan di bidang pendidikan. Dalam hal ini pemerintah telah mengeluarkan PP No. 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional Pasal 13 ayat (1) yang berarti setiap tingkat satuan pendidikan berkepentingan u...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11908/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia merupakan salah satu prioritas pembangunan di bidang pendidikan. Dalam hal ini pemerintah telah mengeluarkan PP No. 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional Pasal 13 ayat (1) yang berarti setiap tingkat satuan pendidikan berkepentingan untuk mengembangkan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup. Tujuan penelitian
ini adalah Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman guru SMA AL ISLAM 1 Surakarta mengenai konsep pendidikan kecakapan hidup khususnya kecakapan akademi dan Untuk mengetahui bentuk aplikasi pendidikan kecakapan hidup pada
mata pelajaran biologi untuk kecakapan akademik di SMA Al Islam 1 surakarta pada tahun ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis diskriptif. Data diperoleh dengan metode observasi partisipatif, interview dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisa dengan tekhnik analisa domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
Pemahaman guru Biologi SMA Al-Islam 1 Surakarta terhadap life skills belum merata khususnya untuk kecakapan akademik, dalam arti bahwa semua guru memahami life skills, dari 3 responden penelitian hanya terdapat 1 responden yang paham tentang life skills. Responden C telah memahami konsep dasar life skills yang terinterprestasi melalui hasil wawancara dan studi dokumentasi tetapi masih kurang dalam pengaplikasiannya. Responden B belum memahami life skills dan masih rancu mengenai ranah pembagian serta kesesuaiannya dengan jenjang
pendidikan, yang rentan akan kesalahan dalam penekanan kecakapan. Sedangkan responden A meskipun belum memahami life skills namun secara tidak sadar telah mengintegrasikan life skills dalam proses pembelajaran melalui metode pembelajarannya. Beberapa bentuk aplikasi pendidikan kecakapan hidup untuk kecakapan akademik di SMA Al-Islam 1 Surakarta pada mata pelajaran biologi adalah sebagai berikut; a). Kecakapan pengidentifikasian variable tercermin dalam aplikasi diskusi pengidenfikasian, b). Kecakapan menghubungkan variabel tercermin dalam aplikasi; penugasan observasi. c). Kecakapan merancang penelitian dengan kegiatan praktikum dan penugasan kerja proyek. |
---|