PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia melalui strategi pembelajaran Index Card Match siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Jayanti, Sri
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11907/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995468432769024
author Jayanti, Sri
author_facet Jayanti, Sri
author_sort Jayanti, Sri
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia melalui strategi pembelajaran Index Card Match siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Strategi pembelajaran Index Card Match pada siklus I dengan melakukan post test, rata-rata hasil belajar sebesar 5,90 atau meningkat sebesar 0,94 dari nilai awal (4,96) dengan Standar Deviasi sebesar 1,67, sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 16,41 termasuk dalam kategori kurang berminat. Pembelajaran tindakan kelas siklus II dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match berjalan baik dibandingkan dengan pembelajaran pada siklus I. Hal ini dapat ditunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan yaitu menjadi sebesar 7,40 atau meningkat sebesar 1,50 dari siklus I dengan Standar Deviasi sebesar 1,38 sedangkan untuk aspek afektifnya meningkat menjadi 21,39 termasuk dalam kategori berminat. Dari hasil belajar siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match baik dalam aspek kognitif (5,90 < 7,40) maupun afektif (16,41 < 21,39). Indikator pencapaian lain adalah tercapainya dan terlampa uinya Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75% dari jumlah siswa, deng an KKM lebih dari 61 seperti yang distandarkan. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan hasil belajar biologi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11907
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11907 https://eprints.ums.ac.id/11907/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011 Jayanti, Sri L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia melalui strategi pembelajaran Index Card Match siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Strategi pembelajaran Index Card Match pada siklus I dengan melakukan post test, rata-rata hasil belajar sebesar 5,90 atau meningkat sebesar 0,94 dari nilai awal (4,96) dengan Standar Deviasi sebesar 1,67, sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 16,41 termasuk dalam kategori kurang berminat. Pembelajaran tindakan kelas siklus II dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match berjalan baik dibandingkan dengan pembelajaran pada siklus I. Hal ini dapat ditunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan yaitu menjadi sebesar 7,40 atau meningkat sebesar 1,50 dari siklus I dengan Standar Deviasi sebesar 1,38 sedangkan untuk aspek afektifnya meningkat menjadi 21,39 termasuk dalam kategori berminat. Dari hasil belajar siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match baik dalam aspek kognitif (5,90 < 7,40) maupun afektif (16,41 < 21,39). Indikator pencapaian lain adalah tercapainya dan terlampa uinya Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75% dari jumlah siswa, deng an KKM lebih dari 61 seperti yang distandarkan. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan hasil belajar biologi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/1/2.Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/3/3.Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/6/4.Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/8/5.Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/10/6.Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/12/7.Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/14/8.Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11907/18/9.Lampiran.pdf Jayanti, Sri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420040048,
spellingShingle L Education (General)
Jayanti, Sri
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia melalui strategi pembelajaran index card match siswa kelas viii b mtsn gondangrejo karanganyar tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11907/
work_keys_str_mv AT jayantisri peningkatanhasilbelajarbiologipokokbahasansistempencernaanpadamanusiamelaluistrategipembelajaranindexcardmatchsiswakelasviiibmtsngondangrejokaranganyartahunajaran20102011