PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia melalui strategi pembelajaran Index Card Match siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English English English English English English English |
Almmustuhtton: |
2011
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/11907/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
Čoahkkáigeassu: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar biologi
pokok bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia melalui strategi
pembelajaran Index Card Match siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo
Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif
yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai
dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar
(aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses
pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan
kolaborator. Strategi pembelajaran Index Card Match pada siklus I dengan
melakukan post test, rata-rata hasil belajar sebesar 5,90 atau meningkat sebesar
0,94 dari nilai awal (4,96) dengan Standar Deviasi sebesar 1,67, sedangkan untuk
rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 16,41 termasuk dalam kategori kurang
berminat. Pembelajaran tindakan kelas siklus II dengan penerapan strategi
pembelajaran Index Card Match berjalan baik dibandingkan dengan pembelajaran
pada siklus I. Hal ini dapat ditunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek
kognitif menunjukkan adanya peningkatan yaitu menjadi sebesar 7,40 atau
meningkat sebesar 1,50 dari siklus I dengan Standar Deviasi sebesar 1,38
sedangkan untuk aspek afektifnya meningkat menjadi 21,39 termasuk dalam
kategori berminat. Dari hasil belajar siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo
Karanganyar dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi
pembelajaran Index Card Match baik dalam aspek kognitif (5,90 < 7,40) maupun
afektif (16,41 < 21,39). Indikator pencapaian lain adalah tercapainya dan terlampa
uinya Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75% dari jumlah siswa, deng
an KKM lebih dari 61 seperti yang distandarkan. Hal ini membuktikan terjadi
peningkatan hasil belajar biologi.
|
---|