PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR MICRO TEACHING TERHADAP PRESTASI PPL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UMS TAHUN AKADEMIK 2007/ 2008

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh yang signifikan minat pada profesi guru Biologi terhadap nilai belajar PPL?. 2) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar micro teaching terhadap prestasi nilai PPL? 3) Adakah pengaruh secara bersama antara minat pada p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sriyono , Agus
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11905/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh yang signifikan minat pada profesi guru Biologi terhadap nilai belajar PPL?. 2) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar micro teaching terhadap prestasi nilai PPL? 3) Adakah pengaruh secara bersama antara minat pada profesi guru Biologi dan prestasi belajar micro teaching terahadap prestasi nilai PPL? 4) Berapakah sumbangan relatif dan sumbangan efektif yang diberikan oleh minat pada profesi guru Biologi dan prestasi belajar micro teaching terhadap prestasi nilai PPL?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di program studi pendidikan biologi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan biologi yang menempuh mata kuliah PPL tahun akademik 2007/ 2008 yang berjumlah 225 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Data minat pada profesi guru biologi diperoleh melalui angket, data prestasi belajar micro teaching dan prestasi belajar PPL diperoleh dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi ganda, uji F, Uji t, koefisien determinasi, dan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah : minat pada profesi guru biologi dan prestasi belajar micro teaching berpengaruh signifikan terhadap prestasi nilai PPL. Sumbangan efektif (SE) minat pada profesi guru biologi terhadap prestasi nilai PPL adalah sebesar 17,1%, sedangkan sumbangan efektif prestasi belajar micro teaching terhadap prestasi nilai PPL sebesar 22,6 % dan total sumbangan efektif (SE) keduanya terhadap prestasi nilai PPL sebesar 39,7% dan masih terdapat 60,3% variabel -variabel lain yang mempengaruhi prestasi nilai PPL.