PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh fasilitas belajar, dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: DARYANTI , WAFIKI
Natura: Tesi
Lingua:English
English
English
English
English
English
English
English
Pubblicazione: 2011
Soggetti:
Accesso online:https://eprints.ums.ac.id/11899/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
_version_ 1804995466242293760
author DARYANTI , WAFIKI
author_facet DARYANTI , WAFIKI
author_sort DARYANTI , WAFIKI
collection ePrints
description Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh fasilitas belajar, dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 406 siswa. Sampel diambil sebanyak 100 siswa dengan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F), uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 16,882 + 0,590X1 + 0,506X2 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan dorongan orang tua. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,272 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Dorongan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,700 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar siswa dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 35,948 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif 19,9%. Variabel dorongan orang tua memberikan sumbangan efektif 22,7%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11899
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11899 https://eprints.ums.ac.id/11899/ PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 DARYANTI , WAFIKI L Education (General) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh fasilitas belajar, dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 406 siswa. Sampel diambil sebanyak 100 siswa dengan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F), uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 16,882 + 0,590X1 + 0,506X2 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan dorongan orang tua. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,272 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Dorongan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,700 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar siswa dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 35,948 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif 19,9%. Variabel dorongan orang tua memberikan sumbangan efektif 22,7%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/1/Halaman_Depan_Fiki.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/3/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/4/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/8/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/9/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/13/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/15/DAPUS.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11899/19/LAMPIRAN.pdf DARYANTI , WAFIKI (2011) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060073
spellingShingle L Education (General)
DARYANTI , WAFIKI
PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh fasilitas belajar dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas x sma negeri 1 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11899/
work_keys_str_mv AT daryantiwafiki pengaruhfasilitasbelajardandoronganorangtuaterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasxsmanegeri1kartasuratahunajaran20102011